Condro Divonis 5 tahun penjara, karna mengedarkan Ganja

Terdakwa.
P.SIANTAR - Condro divonis hukuman 5 tahun penjara dan denda Rp 800 juta Oleh Majelis Hakim. Terdakwa dihukum karna  kasus narkoba.

Dalam sidang beragendakan putusan tersebut, dihadiri oleh terdakwa Rahmad Efendi Barus alias Condro dengan didampingi oleh kuasa hukumnya Erwin Purba, Dilaksanakan di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Kamis (30/11/2017) sekira pukul 15.30 WIB.

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Rahmad dengan pidana penjara selama 5 tahun, dikurangi selama terdakwa berada di dalam tahanan sementara. Dan pidana denda sebesar Rp 800 juta, subsider empat  bulan penjara", Kata Ketua Majelis Hakim Ivan Lodewyk I Simanjuntak, saat membacakan putusan kepada terdakwa.

Hakim menerangkan, terdakwa dengan tamatan Diploma 3 (D3) ini terbukti bersalah melakukan tindak pidana narkotika dengan menawarkan untuk dijual narkotika golongan I jenis tanaman. Atau melanggar pasal 111 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. 

Ivan juga menjelaskan, hal yang memberatkan untuk terdakwa, bahwa perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemeritahan dalam memberantas segala bentuk penyalahgunaan narkotika. 
Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan didalam persidangan, terdakwa mengakui perbuatannya dan menyesalinya, terdakwa belum pernah dihukum. 

Terkait putusan itu, majelis hakim yang diketuai oleh Ivan Lodewyk I Simanjuntak dengan dibantu dua Hakim anggota Risbarita Simorangkir, dan M Iqbal. Menanyakan kepada terdakwa apakah terdakwa menerima, pikir-pikir atau banding. 

Kemudian terdakwa Rahmad Efendi menjawab dengan mengatakan kalau dirinya menerima putusan dari majelis hakim. "Apa pun keputusan majelis hakim saya terima pak", Ucap terdakwa Efendi kepada majelis hakim. 

Diketahui sebelumnya, bahwa petugas sat narkoba polres siantar berhasil meringkus pengedar narkoba jenis ganja Rahmad Efendi Barus, di Jalan Gunung Sinabung, Kelurahan Karo, Kecamatan Siantar Timur. Pada selasa 08 Agustus 2017 sekira pukul 20.30 Wib. 

Dari hasil penangkapan itu, sat narkoba mengamankan sejumlah barang buktu berupa, 1 bungkus kertas korab dan kertas nasi berisikan daun ranting diduga narkotika jenis ganja, 6 paket narkotika jenis ganja dibungkus dengan kertas nasi, 5 lembar potongan kertas nasi, dan 1 bungkus kertas tiktak. (Rizal Siregar).
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!