Marudut di Vonis 2 Tahun 6 Bulan,Beda Dengan Wilson 1 Tahun 6 Bulan

Kedua terdakwa.

P.SIANTAR | METROPUBLIK.COM - Marudut Panjaitan alias udut (35) Di Vonis Majelis Hakim 2 tahun 6 bulan penjara di Pengadilan Negeri (PN) Siantar. Rabu (15/11/2017) Sekira pukul 14.30 WIB.

Sidang yang beragenda pembacaan putusan dihadiri oleh terdakwa Marudut Panjaitan dan seorang temannya Wilson Sianturi serta tim kuasa hukumnya Erwin Purba. 

"Menjatuhkan pidana penjara terhadap terdakwa Marudut dengan pidana penjara selama 2 tahun dan 6 bulan penjara dikurangi selama berada dalam tahanan sementara dengan perintah tetap ditahan", Kata ketua majelis hakim Fhytta Sipayung dalam membacakan vonis di PN Siantar. 

Majelis hakim menyatakan, terdakwa Marudut terbukti bersalah melakukan tindak pidana menggunakan narkotika golongan I secara bersama-sama dengan berat bersih 0,14 gram. Dan melanggar pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 Yo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang narkotika. 

Fhytta menyatakan, hal yang memberatkan bahwa perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam memberantas segala bentuk penyalahgunaan narkotika, dan terdakwa sudah pernah dihukum. hal yang meringankan, terdakwa bersikap sopan dipersidangan, terdakwa mengaku dan menyesali perbuatannya serta berjanji tidak mengulangi lagi. 

Selain membacakan putusan untuk Marudut, Fhytta  juga membacaan putusan kepada temannya marudut yang bernama Wilson Sianturi. Dalam pembacaan vonis tersebut, majelis menyatakan wilson sianturi juga sebagai penyalahguna narkotika dan melanggar pasal 127 ayat (1) huruf a UU RI No.35 Tahun 2009 Yo pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHP tentang narkotika dengan tuntutan pidana penjara 1 tahun dan 6 bulan penjara dikurangi masa tahanan. 

Hanya saja putusan yang diberikan oleh majelis hakim terhadap terdakwa Wilson Sianturi terlalu rendah dibandingkan dengan tuntutan Jaksa Penuntut Umum (JPU) Heri Santoso yang menuntut terdakwa selama 2 tahun penjara. 

Sekedar diketahui bahwa sat narkoba polres siantar berhasil mengamankan dua orang tersangka penyalahgunaan narkotika jenis sabu di Jalan Ricardo Siahaan, Kelurahan Aek Nauli, Kecamatan Siantar Selatan. Kamis pada tanggal 01 Juni 2017. 

Dalam penggrebekan tersebut, sat narkoba polres siantar berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 paket narkotika diduga jenis sabu, 3 buah plastik klip kosong, 1 buah mancis diujungnha ada jarum sumbu, 1 buah sendok terbuat dari pipet, 1 buah bong terbuat dari botol plastim warna hijau, dan 1 buah pipa kaca bekas bakar. (Rizal Siregar)
Advertisement
 
close button
Back to top
Situs ini menggunakan cookies untuk memastikan Anda mendapatkan pengalaman terbaik di situs kami Kebijakan Kami
Got It!