Breaking

Minggu, 17 Desember 2017

3 Kejahatan Seksual dan Pembunuhan Terhadap Anak,KPA :Penegak Hukum Lemah

3 Kejahatan Seksual dan Pembunuhan Terhadap Anak,KPA :Penegak Hukum Lemah



P.Siantar | Metropublik.com - Dalam kurun waktu enam bulan di wilayah hukum Siantar tahun 2017 ini, telah terjadi 3 Kasus Kejahatan seksual terhadap anak dan secara khusus terhadap perkara kematian Mario Julio Sinaga. dalam kasus kejahatan ini Komnas Perlindungan Anak (KPA) Menilai para penegak hukum di kota siantar sangatlah lemah dan tidak profesional.Minggu (17/12/2017).

"Dengan tidak mengurangi rasa hormat atas kerja keras penyidik dari kepolisian dan Hakim-hakim yang bertugas di PN kota siantar, sebagai aparat penegak hukum dalam penanganan 3 kasus perkara kejahatan seksual terhadap anak dan kematian Balita Julio (3,5) terlihat sangat lemah dan tidak profesional" Ungkap Ketua KPA Arist Merdeka Sirait.

Mengingat putusan bebas terhadap kasus kejahatan terhadap anak telah mengusik rasa keadilan masyarakat khususnya keluarga korban, Komnas Perlindungan Anak sebagai lembaga independen yang bertugas dan berfungsi memberikan pembelaan dan perlindungan anak di Indonesia, meminta Komisi Yudisial (KY) untuk segera memeriksa para hakim yang memutus bebas atas perkara-perkara anak di PN Siantar dan penyidik Patut dievaluasi. sehingga penyidikan Polres Siantar bekerja secara profesional.

Kemudian, Bila diperlukan untuk penyegaran. Kapolres Siantar dapat melakukan tindakan rotasi kepada penyidik dan menempatkan aparat penyidik yang lebih cekatan, profesional dan sensitif dalam menangani kasus-kasus pelanggaran terhadap hak anak dan kejahatan anak, sehingga dikemudian hari nanti tidak akan terulang lagi kejadian yang serupa.

Dan juga dengan keberadaan hakim-hakim yang bertugas di PN Siantar, Komnas Perlindungan Anak mendesak Mahkamah Agung (MA) untuk segera menempatkan hakim khusus anak profesional dan teruji dan telah mendapat sertifikasi spesialisasi anak di PN Siantar, Imbuh Arist. (Rizal Siregar).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact