Menu Close Menu

5,2 Ton Getah Pinus Siap Edar Berhasil di Gagalkan Oleh Polisi Kehutanan dan KLHK

Minggu, 10 Desember 2017 | 20:12 WIB
Makasar | Metropublik.com -  Polisi Kehutanan Reaksi Cepat (SPORC) dan Penyidik Balai Gakkum Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK)  Wilayah Sulawesi berhasil menggagalkan pengiriman 5,2 ton getah pinus. Getah Pinus ini diduga berasal kawasan hutan tanpa izin di Kabupaten Toraja di Depot Container PT. Meratus Jalan Ir. Sutami No. 07 Makassar,Sabtu (9/12/2017) pukul 16.30 WITA.

Informasi dihimpun,Miggu (10/2017) ,Pengiriman getah pinus ini dilakukan oleh PT. WI tepat di Jalan Manunggal Jenggot, Gang 4 Pekalongan Selatan.

“Informasi pengiriman secara illegal ini berawal dari masyarakat yang melaporkan bahwa adanya pengiriman getah pinus dari Kabupaten Toraja yang diduga berasal dari kawasan hutan tanpa izin,”Ujar Kepala Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi, Muhammad Nur.

Diakuinya, barang bukti pihaknya sudah amankan dan di segel oleh penyidik Balai Gakkum KLHK Wilayah Sulawesi untuk dilakukan proses pengembangan penyidikan.

“Setiap orang dilarang memanen atau memungut hasil hutan didalam hutan tanpa memiliki hak atau izin dari pejabat yang berwenang, sebagaimana pasal 50 ayat (3) huruf e UU No. 41 jo pasal 55 KUHP, dan ancaman  hukuman penjara paling lama 10 tahun dan denda paling banyak Rp. 5 Milyar berdasarkan pasal 78 UU No. 41 Tahun 1999,”Pungkas Muhammad Nur.(Rendy)
Loading...

Komentar