Menu Close Menu

Hakim Memvonis Arizal 5,6 Tahun Karna Terbukti Mengedarkan Sabu

Rabu, 20 Desember 2017 | 18:46 WIB
P.Siantar | Metropublik.com - Muhammad Arizal ALS Rizal Terbukti Bersalah karna Mengedarkan Sabu di Vonis 5,6 Tahun penjara denda 1 Miliar oleh Majelis Hakim. Terdakwa Rizal menghadiri Sidang yang Beragenda Putusan di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Rabu (20/12/2017) Sekira pukul 15.30.WIB.

"Terdakwa Arizal terbukti bersalah Dijatuhkan pidana penjara selama 5,6 tahun dengan denda Rp 1 Miliar subsider 4 bulan  penjara. Dengan perintah agar terdakwa tetap ditahan", kata majelis hakim Ivan Lodewyk Simanjuntak dalam membacakan vonis kepada terdakwa.

Hanya saja putusan yang diberikan majelis hakim lebih rendah dari pada tuntutan yang diberikan oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Henny A Simandalahi yang menuntut terdakwa selama 6 tahun penjara dengan denda Rp 1 Miliar, subsider 6 bulan penjara. 

Dalam pembacaan putusan, majelis hakim menyatakan bahwa terdakwa  telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah telah melanggar pasal 114 ayat (1) UU RI Nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika golongan I dalam bentuk bukan tanaman. 

Kemudian Ivan menerangkan, hal-hal yang memberatkan bagi terdakwa, bahwa perbuatan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam rangka pemberantasan segala bentuk penyalahgunaan narkotika. 

Sedangkan hal yang meringankan, terdakwa belum pernah dihukum, terdakwa bersikap sopan dalam persidangan, dan terdakwa mengaku bersalah dan menyesali perbuatannya. 

Mendengar putusan tersebut,Terlihat Wajah Terdakwa Sangat lesu sembari menundukan kepala setelah mendengar Vonis 5,6 Tahun terhadap dirinya.

Kemudian, Terdakwa meminta kepada majelis hakim agar memberikan waktu kepada terdakwa untuk lakukan pikir-pikir, "Saya akan pikir-pikir yang mulia", kata terdakwa kepada majelis hakim. 

Selanjutnya majelis hakim yang diketuai oleh Ivan Lodewyk Simanjuntak dengan dibantu dua anggotanya Risbarita Simorangkir dan M Iqbal, memberikan waktu selama 7 hari untuk terdakwa lakukan pikir-pikir. 

Diketahui Sebelumnya, Sat narkoba Mapolres siantar berhasil meringkus terdakwa Muhammad Arizal alias Rizal di Jalan Nagur Gang Impres, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara, Selasa 25 Juli 2017. Sekira pukul 21.30 WIB. 

Dalam penangkapan itu sendiri, petugas berhasil mengamankan sejumlah barang bukti berupa 2 paket narkotika diduga jenis sabu dengan berat neto 0,96, dan uang sebesar Rp 100 ribu. (Rizal Siregar)
Loading...

Komentar