Breaking

Selasa, 19 Desember 2017

Pemkot Siantar Peringati Hari Bela Negara ke 69 dilapangan H.Adam Malik

Pemkot Siantar Peringati Hari Bela Negara ke 69 dilapangan H.Adam Malik

P.Siantar | Metropublik.com- Pemerintah Kota (Pemkot) Siantar melaksanakan Upacara memperingati Hari Bela Negara yang ke 69 tahun. Upacara berlangsung di Lapangan H Adam Malik jalan WR.Supratman, kelurahan proklamasi, kecamatan siantar barat, Selasa (19/12/2017).

Dalam dilaksanakannya upacara ini Walikota Siantar Efriansyah diwakili oleh staf ahli bidang pemerintahan Pardamean Silaen, bertindak selaku Inspektur Upacara dengan Komandan upacaranyang dibawakan oleh Danramil Siantar Barat, Kapten Infantri Warto Bimo, serta dihadiri oleh unsur forkopimda, perwakilan pegawai dari instansi pemerintah, TNI, Polri, organisasi masyarakat, mahasiswa dan pelajar.

Dengan Keputusan Presiden RI Nomor 28 Tahun 2006 tentang Hari Bela Negara, sebagai hari nasional yang wajib diperingati oleh seluruh rakyat Indonesia, yang jatuh setiap tanggal (19/12), untuk mengenang berdirinya Pemerintah Darurat Republik Indonesia (PDRI) pada tanggal 19 Desember 1958 di Sumatera Barat, silam.

"hari ini tanggal (19/12/ 2017)  kita memperingati Hari Bela Negara yang dilaksanakan secara serentak di seluruh pelosok tanah air dan Pada momentum Hari Bela Negara tahun ini, saya ingin mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk senantiasa belajar dari sejarah perjuangan bangsa" Ucap Pardamean selaku inspektur dalam membacakan Naska upacara. 

Sejarah mencatat bahwa Republik Indonesia bisa berdiri tegak sebagai bangsa yang berdaulat tidak lepas dari semangat bela negara dari seluruh kekuatan rakyat. Mereka berjuang mengorbankan jiwa raganya untuk membela tanah airnya dari para penjajah. Sejarah juga telah mencatat bahwa membela negara tidak hanya dilakukan dengan kekuatan senjata.

Akan tetapi juga dilakukan oleh setiap warga negara dengan kesadarannya untuk membela negara dalam bentuk yang lain, sebagaimana pernah dilakukan oleh Mr. Safruddin Prawiranegara pada tahun 1948 guna menyelamatkan keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia dengan membentuk PDRI di Sumatera Barat. Nilai-nilai heroik tersebut yang perlu terus kita aktualisasikan melalui berbagai karya nyata kita dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Oleh karena itu, bentuk aktualisasi kecintaan kepada tanah air atau patriotisme dan nasionalisme sudah barang tentu jauh berbeda dengan era perjuangan para pendahulu kita, karena bentuk dan sifat ancaman yang dihadapi pun berbeda.

Juga senantiasa kritis terhadap upaya memecah belah bangsa, merendahkan martabat bangsa dan senantiasa waspada terhadap upaya infiltrasi ideologi dengan cara yang sangat halus dan kekinian yang ingin merubah atau menggantikan Pancasila dan ingin memecah belah NKRI. Para generasi muda adalah pemimpin di masa mendatang, harus berperan dan bangga dengan ke-Indonesiaannya serta harus hebat untuk dirinya, untuk bangsanya serta negaranya.

Itulah bagian dari bentuk Bela Negara yang sesungguhnya di era kekinian. Tantangan sekarang adalah bagaimana para generasi muda Indonesia ini meningkatkan kualitas pengorbanan kepada bangsa dan negara dihadapkan pada bentuk dan sifat ancaman modern tersebut. Masih banyak lagi contoh aktualisasi bela negara dalam kehidupan sehari-hari Ujar Pardamean.

SeLanjutnya ia menjelaskan, Di Kawasan perbatasan di pulau-pulau terluar sesungguhnya sedang melakukan Bela Negara, Merekalah yang telah membuat Republik ini bisa tetap eksis untuk hadir melayani rakyatnya dengan Upaya melawan ancaman kemiskinan, keterbelakangan dan ketertinggalan.

Upaya untuk melawan aksi pencurian ikan di perairan kita yang Setiap tahun ratusan juta ton ikan kita dicuri,itu adalah upaya untuk Bela Negara, dan mewujudkan kedaulatan pangan juga untuk bisa tegak berdiri di kaki sendiri secara ekonomi juga adalah upaya Bela Negara. Imbuh Pardamean.(Rizal Siregar).

Disclaimer: Images, articles or videos that exist on the web sometimes come from various sources of other media. Copyright is fully owned by the source. If there is a problem with this matter, you can contact