Menu Close Menu

Napi Kelas II A Aceh Melakukan Pemberontakan Di dalam Lapas

Kamis, 04 Januari 2018 | 22:39 WIB
Banda Aceh | Metropublik.com - Narapidana (NAPI) Kelas II A Bineh Blang, Kecamatan Ingin Jaya, Kota Banda Aceh melakukan Aksi Protes, memberontak dengan merusak dan membakar serta melempari batu ke arah Petugas yang berada dilokasi. Para Napi Tidak terima dilakukan Evakuasi Pemindahan 3 Orang Narapidana dari Lapas Kelas II A Kota Banda Aceh ke Lapas Medan Sumatera Utara.Kamis (4/1/2018) Sekira pukul 11.00 WIB.

Informasi dihimpun Awalnya Tiga Orang Napi Kelas II A Banda Aceh ini Sering kedapatan berada diluar dan bebas Melakukan Aktifitas nya diluar Lapas. Kemudian Kemenkumham Aceh Berencana melakukan Evakuasi pemindahan terhadap ke 3 Tahanan itu ke Lapas Kota Medan.

Pada saat hendak dilakukan Evakusi Pemindahan, para Narapidana yang berada di dalam lapas Kelas II A itu tidak terima dan menolak kalau rekan sesama tahanan itu untuk di pindahkan.

Namun Situasi semakin Memanas, Petugas Lapas meminta bantuan Pengamanan kepada pihak kepolisian. Selanjutnya Para Napi itupun  Memberontak dengan berutal memberi Perlawanan melakukan pengrusakan dan membakar 1 unit Mobil Polisi. Bahkan mereka melempari kaca-kaca Jendela dengan Batu. Serta para Petugas Lapas dan Personil dari Kepolisian yang berada di lokasi ikut menjadi sasaran Pelemparan itu.

Berselang beberapa waktu kemudian bala bantuanpun Tiba dilokasi, dengan Pasukan PHH Satuan Brimob Aceh, Dalmas Dit Sabhara Polda Aceh, Dalmas Polresta Banda Aceh dan dibantu Anggota TNI AD Raider 112 mereka langsung menerobos masuk kedalam Lapas untuk mengamankan keributan itu.


Kemudian Aksi berutal itu pun seketika dapat dilerai dan diminimalisirkan, Serta Personil melakukan pengamanan Antisipasi terhadap narapidana yang berniat untuk kabur. 

Sebelumnya sekedar diketahui, Rencana Evakuasi Pemindahan terhadap 3 orang Narapidana tersebut, Telah dilakukan Koordinasi dengan Kepala Kepolisian Resort Kota Banda Aceh Kombes Pol T. Saladin & Dandim 0101/BS Kolonel Inf Iwan Rosandriato yang memiliki Wilayah Hukum Kota Banda Aceh. serta berkoordinasi dengan Dan Sat Brimob Polda Aceh Kombes Pol Norman Widjajadi, untuk meminta Pengawalan Rencana Evakuasi Pemindahan Napi tersebut menuju Kota Medan Sumatera Utara.(Rizal Siregar).
Loading...

Komentar