Menu Close Menu

Denpom I/1 Pematangsiantar Melakukan Razia Kendaraan yang menggunakan atribut TNI.

Selasa, 13 Maret 2018 | 22:08 WIB
P.Siantar | Metropublik.com- Jajaran TNI tengah menggalakkan penertiban kendaraan yang menggunakan atribut tentara. Penertiban bahkan hingga stiker berbau TNI yang sengaja dipasang.

"Jadi memang ditertibkan. Nggak cuma nomor (pelat identitas) tentara, ada stiker-stiker yang bertuliskan TNI AD atau berbau tentara harus dilepaska . Kalau ditemukan ditertibkan," ujar Dandenpom I/1 Letkol Cpm Joko M melalui Pasigakkum Denpom I/1 Pematangsiantar Kapten Cpm Desmon S. dalam perbicangan dengan Metropublik.com, Selasa (13/3/2018).

Pom TNI AD memang tengah rutin melakukan Razia untuk menertibkan kendaraan Dinas maupun non-dinas yang menggunakan atribut TNI. Ini merupakan perintah langsung dari Kepala Staf Angkatan Darat Jenderal TNI Mulyono.

Menurut Desmon, pelaksanaan razia dilakukan oleh masing-masing Pomdam (Polisi Militer Kodam) untuk jajaran TNI AD. Hingga saat ini Pomdam masih rutin melakukan razia.

Mengenai razia ini sendiri, menurut Pasigakkum Denpom I/1 Pematangsiantar Kapten Cpm Desmon S, yang paling banyak ditemukan adalah stiker-stiker berbau TNI di kendaraan. Pihaknya pun melakukan penertiban dengan cara preventif. Ini juga berlaku bagi mobil sipil milik anggota TNI.

"Banyak yang ditemuin, biasanya stiker. Kalau itu tidak ditilang atau dimasukkan ya. Hanya preventif sifatnya, imbauan agar tidak disalahgunakan. Dan mereka kita suruh copot sendiri. Tentara yang mobil sipil juga harus dicopot," ujar Desmon

Lalu bagaimana jika pengendara usai dirazia tetap membandel dan kembali memasang stiker dan atau pelat nomor TNI di kendaraan non dinas?

"Kan kita catat kalau kena razia. Kalau kemudian hari dia pasang lagi, ya wasallam, terpaksa kita kandangin kendaraannya," tutup Desmon. (Rizal Siregar).

Loading...

Komentar