Menu Close Menu

Walikota Tanjung Balai Serahkan Buku Tabungan dan KKS Kepada 136 Penerima PKH

Sabtu, 17 Maret 2018 | 10:04 WIB
Tanjung Balai | Metropublik.com - Walikota Tanjungbalai H.M Syahrial SH,MH menyerahkan Buku Tabungan dan Kartu Keluarga Sejahtera (KKS) kepada 136 Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) di Kecamatan Datuk Bandar dan Datuk Bandar Timur, acara dilaksanakan di Aula Kantor Camat Datuk Bandar dihadiri Plt.Kadis Sosial M.Idris, PGS Pimpinan Cabang BRI Tanjungbalai Helmi Wijayadi, Ketua PKH Tanjungbalai Zulham serta PKH Pendamping Kota Tanjungbalai, Kamis (15/3/2018)

Walikota H.M Syahrial mengatakan Program Keluarga Harapan merupakan Program penanggulangan kemiskinan yang ada diseluruh Indonesia dan merupakan program Kementerian Sosial yang telah ada pada Tahun 2007.

Khusus dikota Tanjungbalai PKH lahir sejak tahun 2015 dengan data penerima PKH 4.394, kemudian pada tahun 2016 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) bertambah sebanyak 727 KPM. Selanjutnya pada tahun lalu ditambahkan 2.686 sebagai tambahan data penggenapan untuk tahun 2017 dan ditambahkan pula 447 sebagai perluasan tahun 2018 sehingga data penerima PKH kota Tanjungbalai dengan total 7.859 KPM PKH, dengan jumlah total bantuan untuk tahun 2017 Rp. 10.396.910.000.

Pemko Tanjungbalai pada prinsipnya akan terus mendukung program penanggulangan kemiskinan bagi masyarakat dikota Tanjungbalai, sejauh ini Pemko Tanjungbalai sangat mendukung kegiatan PKH kota Tanjungbalai, salah satunya dukungan shearing dana APBD sebesar 456.038.000 dan akan kita tingkatkan untuk tahun 2019, Papar H.M Syahrial.

Hari ini PKH mendistribusikan KKS dan Buku Tabungan buat ibu-ibu penerima KPM PKH dengan bantuan sebesar 1.890.000/Tahun yang dibagi dalam 4 tahap melalui rekening Bank BRI.

"Bantuan yang diterima hari ini hendaknya dimanfaatkan sesuai kebutuhan terutama buat kebutuhan pendidikan, kesehatan dan kebutuhan penting lainnya dan tidak dipergunakan untuk kebutuhan konsumtif, "ujar H.M Syahrial.

Pgs Pincab BRI Tanjungbalai Helmi Wijayadi mengatakan bahwasanya BRI Cab.Tanjungbalai siap mendukung program PKH dikota Tanjungbalai, kami telah menyiapkan petugas bansos yang menangani pembayaran PKH dan BRI Cabang Tanjungbalai akan berusaha memberikan yang terbaik dalam membantu penyaluran bantuan PKH kepada masyarakat dikota Tanjungbalai, Ujar Helmi.

Plt Kadis Sosial M.Idris menyampaikan kota Tanjungbalai menyambut baik program PKH dalam pengentasan kemiskinan dikota kita ini. Penambahan tahun ini 2286 KK dari kemensos. Kami berharap para penerima KPM PKH dalam menerima hak dan menjalankan kewajiban semua penerima bantuan mengikuti program yang diatur. Mari kita mencoba melakukan yang terbaik untuk merubah mainset kita untuk tidak hanya menerima bantuan, tapi juga memanfaatkan bantuan yang didapat untuk keperluan lainnya yang lebih penting misalnya untuk anak sekolah, kesehatan maupun keperluan yang lebih bermanfaat lainnya.

Koordinator PKH tanjungbalai Zulham mengatakan kami harapkan peserta pkh setelah menerima bantuan sebagai haknya sebesar 1.890.000 untuk kpm reguler dan 2.000.000 untuk kpm disabilitas dan lansia, diharapkan memenuhi kewajibannya yakni untuk memeriksakan kesehatan kehamilan, anak balita kefasilitas kesehatan terdekat seperti puskesmas dan posyandu serta memastikan kehadiran anak sekolah disemua tingkatan dari SD s/d SMA sederajat. Kewajiban tersebut upaya mendorong adanya tidak terjadinya kematian ibu hamil, rendahnya kesehatan anak, peningkatan proses belajar mengajar serta menekan angka putus sekolah. Bantuan pkh diperuntukkan tersebut hal - hal tersebut diatas, Ujar Zulham.(Marwan)
Loading...

Komentar