4 Perumahan SDN 097350 di Simalungun Terbakar, Satu Orang Tewas


Simalungun/Metropublik.com- Si jago merah menghanguskan 4 perumahan SD Negeri 097350 di Huta III, Nagori Sei Torop, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Kamis (5/4/2018). Satu penghuni rumah, Ahmad Sairun Sarumpaet (53), tewas dalam kejadian ini.

Korban ditemukan sudah tak bernyawa di lantai kamar mandi rumah milik korban. Diduga kebakaran disebabkan karena arus pendek.

Menurut keterangan yang dihimpun dari  warga M. Afandi Simanjak Damanik (22) dan Nur Tianah Damanik (47) menjelaskan, asal api diduga dari hubungan arus pendek dan sumber api berasal dari rumah Ahmad Sairun Sarumpaet.

"Aku bersama warga berdatangan setelah mendengar suara teriakan minta tolong, kami pun melihat api yang sudah cukup besar dari rumah korban, Dipastikan api itu berasal dari arus pendek listrik dari rumah korban," Ujar Tinah.

Sementara Istri korban terlihat menangis mengatakan kalau suami nya masih berada di dalam rumah, warga berusaha untuk membantu menolong dan memadamkan api tersebut, Namun usaha warga tersebut tidak berhasil.

"Tahunya sudah terbakar di bagian atas. Kami kemudian mencoba untuk menolong, dengan api yang berkobar cukup besar itu, mengalahkan kami," jelas Afandi warga yang berusaha menolong.

Satu jam setengah kemudian, api berhasil dipadamkan oleh tim Damkar. Kemudian Ahmad Sairun Sarumpaet, ditemukan sudah tewas hangus terbakar di lantai kamar mandi, korban terjebak dengan Kobaran api yang menghanguskan rumahnya itu. 

"Korban saat ditemukan, dalam kondisi terlentang di lantai kamar mandi. Sekujur tubuhnya tertimpa reruntuhan atap rumah yang terbakar," ungkap Afandi yang ikut mengevakuasi jasad korban.

Terpisah Salmiah Sinaga isteri korban mengungkapkan, jika dirinya terbangun tidur sekira pukul 02.30 WIB, dan melihat api dari dapur. sementara suaminya itu Ahmad Sairun Sarumpaet masih tertidur lelap, Mendengar Ia teriak-teriak minta tolong, Suami nya terbangun dan langsung memadamkan api dengan menyiram air dari bak dikamar mandi. Ia kemudian berlari keluar rumah untuk meminta pertolongan kepada warga.

"Saya terbangun, melihat api dari dapur, Saya teriak membangunkan suami saya, pada saat suami saya memadamkan api, saya lari keluar rumah meminta pertolongan warga, Dan suami saya terjebak di sana," tutur Salmiah dengan sedih.

Sementara 2 penghuni lainnya Bahman Damanik (75) Pensiunan BUMN, dan Nur Janah (25) IRT, warga Huta III Nagori Sei Torop Kec. Bosar Maligas Kabupaten Simalungun, mengalami kerugian materil sekitar Rp. 100 juta rupiah.

Dari hasil olah tempat kejadian perkara, diduga kuat kebakaran terjadi akibat arus pendek aliran listrik di dapur rumah korban," Penyebabnya kami duga kuat konsleting listrik," ujar KaPolsek Bosar Maligas AKP R.Siregar.

Akibat kebakaran, 1 Korban Tewas 4 pintu perumahan SDN Impres 097350 dihuni 3 kepala rumah tangga, hangus terbakar beserta isi-isinya. Ditaksir kerugian secara keseluruhan lebih kurang Rp.150.000.000.

"1 korban tewas bernama Ahmad Sairun Sarumpaet (53) 
 dan 4 rumah beserta isi hangus terbakar, Kerugian ditaksir Rp.150 Juta," Ujar R.Siregar.

Personil Polsek Bosar Maligas melakukan Cek TKP, dengan meminta keterangan saksi-saksi serta menyita barang bukti dan membuat Police Line. (Rizal Siregar).

Banner