Menu Close Menu

4 Cara Efektif dan Tepat Belajar Agar Cepat Masuk Ke Otak

Jumat, 04 Mei 2018 | 19:34 WIB
Jakarta | Metropublik.com - Cara belajar cepat masuk ke otak - Belajar merupakan  hal yang tidak boleh di abaikan. Belajar adalah suatu aktivitas yang  sangat penting dalam proses memperoleh berbagai macam bidang ilmu, baik  itu ilmu pengetahuan, ilmu agama, sosial dan lain-lain. Tanpa belajar  hampir mustahil untuk mendapatkan karir yang cemerlang di masa depan,  bahkan dalam kehidupan sosial kita sehari-hari, akan sulit membaur jika  kita miskin ilmu, maka dari itu ilmu merupakan hal yang wajib ada dalam  diri kita, bahkan dalam agama islam menuntut ilmu merupakan hal yang  diwajibkan.

Dalam aktivitas belajar, seringkali kita  merasa kesulitan dengan apa yang kita pelajari, hal itu yang berpotensi  menimbulkan kemalasan dan membuat sebagian orang menganggap belajar  menjadi momok yang menyeramkan. Oleh karena alasan di atas, saya membuat  artikel tentang cara belajar cepat masuk ke otak. Mungkin setiap orang memiliki cara  belajarnya masing-masing. Namun di sini akan saya bagikan tips yang umum  dilakukan agar mudah memahami dalam belajar, sehingga belajar menjadi  menyenangkan. Dengan rasa senang tersebut maka perasaan tertekan dalam diri akan hilang sehingga ilmu akan mudah di  masuk ke otak kita. Oke tidak usah panjang lebar lagi, langsung saja simak di bawah ini :

    1.Suasana Tenang

Tips pertama yaitu belajarlah di tempat yang suasananya tenang. Jika kamu merasa kesulitan belajar dalam suasana yang ramai mungkin tips ini tepat untuk kamu, yaitu belajar dalam suasana yang tenang. Dalam suasana yang tenang otak kita akan menjadi rileks, saat otak kita  rileks kita akan mudah menerima sesuatu, hal ini dapat di manfaatkan  sebagai momen yang tepat untuk belajar, sehingga akan mudah paham jika  kita belajar dalam suasana yang tenang.

    2.Kemauan Sendiri

Yang selanjutnya yaitu belajarlah dengan kemauan sendiri  atau tanpa paksaan. Beberapa orang mengatakan bahwa belajar dalam  keterpaksaan membuat otak kita sulit menerima ilmu yang kita pelajari,  menurut saya hal ini memang benar. Ketika kita belajar dan kita terpaksa maka jiwa dalam diri kita akan merasa tertekan. Nah hal itu yang menyebabkan kita  sulit memfokuskan otak untuk memahami apa yang kita pelajari. Belajarlah  saat kita mau, intinya buatlah belajar menyenangkan. Ketika kita merasa bahwa belajar menyenangkan maka kemauan untuk belajar akan datang dengan sendirinya. Jangan memforsir  dalam belajar, belajarlah dengan perlahan tetapi konsisten sehingga kita  tidak merasa terpaksa, atau carilah metode belajar yang membuat kita  tidak merasa terpaksa.

    3.Sambil mendengarkan musik

Lalu tips ketiga yaitu sambil mendengarkan musik. Mendengarkan  musik, mungkin di zaman yang apa saja ada ini, mendengarkan musik bukanlah hal yang asing. Kita bisa menemukan orang yang sedang  mendengarkan musik dimana saja, lalu apa yang kamu rasakan saat sedang mendengarkan musik?, merasa relaks bukan?. Maka dari itu kita bisa  memanfaatkan kesempatan seraya mendengarkan musik sambil belajar. Meskipun begitu tidak semua orang bisa belajar sambil mendengarkan musik  termasuk saya sendiri. Jadi ada tipe orang yang suka belajar dengan  suasana yang benar-benar tenang, sehingga dalam hal ini tidak semua orang bisa menggunakan tips yang satu ini.

    4.Belajar dengan tutor

Tips yang keempat sekaligus yang terakhir yaitu belajar dengan tutor.  Ada sebagian orang yang kesulitan belajar sendiri tanpa tutor/pengajar. Sehingga dalam hal ini saya menyarankan bagi kamu yang sudah mengikuti tips-tips di atas tetapi masih kesulitan juga dalam belajar. Mungkin sebaiknya kamu daftar bimbel, sehingga selain lebih mudah memahami  karena  ada yang mengajarkan juga belajarnya menjadi lebih terstruktur.

    Secuil Tips
    Buatlah belajar menjadi menyenangkan sehingga kita tidak merasa tertekan. Karena seberapa banyak pun waktumu belajar, jika kamu terus  merasa tertekan, maka apa yang kamu pelajari akan sulit di pahami.  Buatlah suasana yang sesuai dengan dirimu saat belajar. Intinya buatlah  dirimu nyaman dalam proses belajar, semoga bermanfaat.


Yak mungkin cukup sekian bebrapa tips yang bisa saya bagikan.  Tips diatas merupakan tips yang umum dilakukan kebanyakan orang sehingga  jika kamu punya tips sendiri bisa tambahkan di kolom komentar. Juga jika kamu punya kritik atau saran bisa sampaikan di kolom komentar. Akhirnya saya mohon maaf atas kesalahan atau kekurangan dalam penulisan artikel di atas, semoga bermanfaat.

Komentar