Menu Close Menu

5 Jerigen Tuak Suling Dari Gido Diamankan Polisi

Jumat, 25 Mei 2018 | 14:39 WIB
NISEL - Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) terus digelar Petugas Kepolisian dalam bulan suci Ramadhan, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan umat muslim dalam menjalankan ibadah. Petugas Kepolisian Sektor Lahusa Polres Nias Selatan, Jumat dinihari (25/05) menggelar Operasi Penyakit Masyarakat (Pekat) di jalan Lahusa Teluk Dalam Kecamatan Lahusa Kabupaten Nias Selatan. Hasil nya 5 jerigen tuak suling dengan volume kurang lebih 175 liter berhasil di amankan dari 2 orang warga.

Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, S.I.K., M.H., melalui Kapolsek Lahusa Iptu Catur Haryadi saat di konfirmasi melalui telepon seluler nya membenarkan penangkapan tuak suling tersebut.

" Subuh tadi kita gelar Razia Penyakit Masyarakat di jalan Lahusa Teluk Dalam. Saat sedang melaksanakan Operasi Pekat, kita mencurigai 2 orang pengendara sepeda motor yang membawa jerigen berisi cairan ", ujar Catur.

Kedua nya kemudian kita berhentikan dan kita lakukan pemeriksaan, lanjut Catur, ternyata cairan yang ada di dalam jerigen tersebut adalah Tuak Suling / Tuo Nifaro. Kedua warga tersebut langsung kita boyong ke Polsek untuk dimintai keterangan.

Identitas kedua warga tersebut masing-masing Ya'aman Gea alias ama Edi (35), warga Desa Hilizebua Kecamatan Gido dan Mawardin Zebua alias Mawa (40), warga Desa Lasara Kecamatan Gido Kabupaten Nias.

" Dari Ya'aman Gea kita sita 3 jerigen tuak suling dengan volume kurang lebih 105 liter, sementara dari Mawardin Zebua kita sita 2 jerigen dengan volume kurang lebih 70 liter. Kedua nya mengaku membawa tuak suling tersebut dari Desa Lasara Gido Kecamatan Gido Kabupaten Nias dan akan dibawa ke Kecamatan Gomo dan Kecamatan Teluk Dalam Kabupaten Nias Selatan ", ungkap Catur

" Operasi Penyakit Masyarakat akan terus kita laksanakan terlebih dengan sasaran Minuman Keras Tuak Suling/ Tuo Nifaro di Wilayah Hukum Polsek Lahusa, agar masyarakat dapat melaksanakan ibadah dengan aman dan nyaman di Bulan Suci Ramadhan, dan sesuai dengan Atensi Kapolres Nias Selatan untuk menegakkan Perbup Nias Selatan Nomor 04.20_33 Tahun 2017 Tentang Larangan Minuman Beralkohol di Kabupaten Nias Selatan", Sambung Catur.(Rendy)
Loading...

Komentar