Menu Close Menu

Jangan Dengar Music Handphone di Pesawat, Sangat Besar Resikonya

Rabu, 02 Mei 2018 | 22:34 WIB
Jakarta | Metropublik.com - Hampir semua orang yang ada di dunia ini pasti pernah bepergian dengan menggunakan pesawat, misalnya saja untuk urusan pekerjaan seperti menghadiri meeting, bertemu rekan kerja atau hanya untuk sekedar mengunjungi sanak keluarga yang jauh. Sebenarnya, hal ini bukanlah masalah dan tidak membahayakan kesehatan.

Hal yang membahayakan kesehatan ialah jika anda terbiasa menggunakan headphone dan mendengarkan musik setiap bepergian, tanpa terkecuali ketika di pesawat. Kebiasaan seperti inilah yang seharusnya dihindari karena bisa merusak saluran pendengaran. Tidak hanya itu saja, aktifitas ini akan memberikan efek yang berbahaya bagi otak.

Konsekuensi yang harus ditanggung bagi orang yang selalu mendengarkan musik menggunakan headphone ketika sering berada di pesawat mungkin tidak akan segera dirasakan saat itu juga. Namun, dampaknya pasti dapat merusak saluran pendengaran dan menimbulkan efek berbahaya pada otak dalam jangka panjang. Hal ini berlaku terutama jika pelakunya menggunakan headphone selama berjam-jam di dalam pesawat.

Gejala awal yang mungkin akan dirasakan adalah merasakan sakit pada telinga. Rasa sakit ini lebih sering dirasakan beberapa menit setelah menggunakan headphone di dalam pesawat. Saat gejala terus berlanjut, efek negatif akan dirasakan pada otak. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dan keluar dari headphone sangat berbahaya bagi otak. Akibat pancaran gelombang tersebut, otak lebih rentang terkena gangguan, gangguan seperti koma, epilepsy, migraine, dan stroke. Tentu saja gangguan-gangguan seperti itu bisa sangat fatal jika ditangani secara serius.

 Oleh karena itu, sangat disarankan agar anda berhenti menggunakan headphone ketika sedang bepergian. Namun, jika anda tidak bisa meninggalkannya secapa penuh maka jangan keseringan. Selain itu anda bisa menggunakan tips aman menggunakan headphone oleh John Afifi, 2015.
Anda tetap bisa menggunakan headphone dengan cara –cara yang aman. Syaratnya, Anda perlu menerapkan tips aman menggunakan headphone berikut ini.

    A.Pilih headphone yang paling nyaman digunakan
    B.Jangan menyetel volume maksimal
    C.Gunakan headphone hanya saat merasa ingin
    D.Jangan memasang headphone terlalu rapat
    F.Gunakan jenis headphone yang bisa melindungi telinga

Itulah bahaya dan dampak buruk yang akan anda alami ketika sering menggunakan headphone untuk mendengarkan musik, termasuk saat bepergian menggunakan pesawat. Selain itu, anda perlu menerapkan tips aman menggunakan headphone jika memang tidak bisa menghentikan kebiasaan ini.
Loading...

Komentar