Menu Close Menu

Jangan Pernah Minum Kopi Sebelum Jam Yang di Tentukan

Rabu, 02 Mei 2018 | 22:55 WIB
Jakarta | Metropublik.com - Banyak orang yang ingin membangkitkan semangat kerja dengan minum kopi hitam. Karena itulah mereka suka melakukan kebiasaan minun kopi hitam sbelum melakukan aktivitas dipagi hari. Disadari atau tidak sebenarnya kebiasaan itu kurang baik bagi kesehatan tubuh. Sebab, minun kopi hitam sebelum pukul 9:30 pagi justru membuat zat kafein didalam kopi tidak berpengaruh terhadap tubuh. Efek dari hal tersebut justru bisa merusak siklus jam tubuh dan kesehatan anda.

Para ilmuwan telah melakukan penelitian tentang kandungan kafein didalam kopi hitam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa waktu paling baik untuk menikmati kopi hitam setiap hari adalah setekah pukul 9:30 pagi atau menjelang siang. Sebab sebelum waktu tersebut, hormon kartisol yang diproduksi secara alami oleh tubuh biasanya meningkat hingga pada level tinggi. Hormon ini memiliki manfaat sama seperti kafein yang terkandung dalam kopi hitam, yakni mengatur jam kerja dan meningkatkan kewaspadaan.

Jika seseorang terbiasa mengonsumsi kopi hitam sebelum pukul 9:30  pagi, dikhawatirkan tubuhnya akan kecanduan kafein yang terkandung dalam kopi hitam. Akibatnya dikemudian hari tubuh akan meminta kafein dari kopi hitam sebagai penambahan jumlah hormon kartisol. Jika tidak diberikan maka tubuh akan menjadi lemas,kurang semangat, serta tidak segar. Hal tersebut tentu sangat berbahaya karena dalam jangka panjang akan merusak siklus jam tubuh dab kesehatan.

Apabila siklus jam tubuh dan kesehatan sudah rusak, seseorang akan sangat mudah terserang bibit penyakit. Mulai dari virus remeh sampai ganas dapat dengan mudah menembus pertahanan tubuh seseorang. Akibatnya mudah terserang penyakit.
  
Kapan Kopi Hitam Baik untuk Diminum???
Sebagaimana telah disinggung, kopi hitam sebaiknya diminum setelah pukul 9:30  pagi atau menjelang siang. Pada waktu itu, kopi hitam sudah bisa memberikan manfaat positif bagi kesehatan, diantaranya menurunkan resiko diabetes, mengurangi kemungkinan serangan stroke, mencegah kanker, menghambat pertumbuhan batu ginja, dan sebagainya. Oleh karena itu, diwaktu tersebut anda dapat menyempatkan diri menyeduh kopi hitam untuk dikinsumsi. Selain kesehatan tubuh terjaga dengan baik,juga membangkitkan semangat kerja ( John Afifi,2015).

Komentar