HEADLINE NEWS

Maksimalkan Gizi Mulai Sekarang Untuk Pertumbuhan Anak

Jakarta - Untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan anak maka diperlukan gizi yang baik. memang sebenarnya tidak ada gizi yang dapat berkerja dengan sendirinya. Dan untuk mendapatkan gizi yang baik maka diperlukan juga makanan yang mengandung banyak gizi yang baik untuk tubuh. Karena anak memiliki banyak gizi yang dibutuhkan untuk tubuh dalam proses pertumbuhan agar dapat berjalan dengan normal dan juga cepat.  Lalu zat gizi apa saja yang sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan dan juga perkembangan anak dengan normal? penasaran? Simak ulasannya berikut!

Berikut Ini 6 Jenis Gizi Anak Yang Diperlukan Untuk Pertumbuhan Yang Dapat Dilakukan, Diantaranya :

    Kalsium

Jenis gizi pertama yang diperlukan untuk pertumbuhan yaitu kalsium. Kalsium merupakan zat mineral yang diperlukan tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dengan maksimal serta memberi kepadatan, selain itu juga membantu untuk mencegah tulang agar tidak mudah keropos.  Ternyata selain dibutuhkan oleh tulang ternyata kalsium juga sangat diperlukan dalam fungsi  kerja jantung, pembekuan dalam darah serta untuk kerja fungsi otot, meskipun dalam jumlah yang kecil. Ketika tubuh kekurangan kalsium maka kalsium yang ada pada tulang dapat menjadi pengganti kekurangannya. Karena salah satu fungsi utama kalsium yaitu untuk memadatkan tulang serta mengatkan tulang, karna kekurangan kalsium dapat mengakibatkan osteoporosis di kemudian hari. Kebutuhan kalsium pada anak dapat ditentukan sesuai dengan usia anak. Berikut beberapa takaran kalsium yang dibutuhkan anak sesuai umurnya menurut kementrian kesehatan :

    Usia 0-6 bulan : 200 mg/hari
    Usia 7-11 bulan : 250 mg/ hari
    Usia 1-9 tahun : 500 mg/hari
    Usia 10-18 tahun : 1200 mg/hari

    Vitamin D, Dapat Membantu Penyerapan Kalsium Dalam Tubuh

Vitamin D dapat berperan untuk penyerapan kalsium yang ada didalam makanan, karena bersama dengan kalsium membuat tulang menjadi lebih kuat. Vitamin D biasanya banyak ditemukan dalam berbagai jenis susu selain itu juga vitamin D bisa didapat dari sinar matahari. Berikut ini beberapa kadar vitamin D yang dibutuhkan oleh anak :

    Usia 0-11 bulan : 5 mg/ hari
    Usia 1-18 bulan : 15 mg/ hari

    Protein, Zat Paling Penting Untuk Tubuh

Gizi berikutnya yang paling dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan anak yaitu protein. Protein merupakan zat makro yang berperan dalam membangun serta memperbaiki jaringan tubuh yang rusak. Karena didalam tubuh  protein akan masuk lalu akan dirubah menjadi asam amino dan asam amino inilah yang akan menjadi bahan baku untuk membangun sel-sel yang baru dan juga jaringan. Menurut beberapa penelitian bahwa anak ang mengkonsumsi protein , terlebih lagi protein hewani maka anak tersebut akan memiliki tinggi dengan rata-rata yang normal bahkan juga bisa menjadi lebih tinggi dari anak-anak yang seusianya. Sedangkan anak yang tidak mendapatkan protein yang cukup akan cenderung memiliki badan yang lebih pendek. Berikut beberapa kebutuhan protein yang sesuai dengan umur anak yaitu :

    Usia 0-6 bulan : 12 gram/ hari
    Usia 7—11 bulan : 18 gram/ hari
    Usia 1-3 tahun : 26 gram/ hari
    Usia 4-6 tahun: 35 gram / hari
    Usia 7-9 tahun : 49 gram / hari
    Usia 10-12 tahun :
    56 gram / hari ( untuk laki-laki)
    60 gram / hari ( untuk perempuan )
    Usia 13- 15 tahun
    72 gram/ hari ( untuk laki-laki)
    69 gram / hari ( untuk perempuan )
    Usia 16-18 tahun
    66 gram / hari ( untuk laki-laki)
    59 gram/ hari ( untuk perempuan )

    Serat

Selanjutnya yang dibutuhkan tubuh untuk membantu pertumbuhan yaitu serat. Fungsi dari  serat yaitu agar proses pertumbuhan dapat berjalan dengan baik dan juga normal. Serat merupakan salah satu zat gizi yang sangat diperlukan untuk anak. Serat juga merupakan bagian dari karbohidrat hanya saja serat dalam zat gizi ini dapat tergolong pada karbohidrat kompleka tanpa kalori. Beberapa penelitian menyatakan bahwa mengkonsumsi serat dalam jumlah yang cukup dengan frekuensi yang sering, maka akan mencegah terkena penyakit degeneratif dan gangguan kesehatan yang terjadi pada anak, seperti obesitas, dan lainnya yang dapat mempengaruhi langsung proses pertumbuhan pada anak. Berikut ini beberapa kebutuhan serat untuk anak  sesuai dengan usianya :

    Usia 7-11 bulan : 10 gram/ hari
    Usia 1-3 tahun : 16 gram / hari
    Usia 4-6 tahun : 22 gram/ hari
    Usia 7-9 tahun : 26 gram/ hari
    Usia 10-12 tahun :
    30 gram/ hari ( untuk laki-laki )
    28 gram / hari ( untuk perempuan )
    Usia 13-15 tahun :
    35 gram / hari ( untuk laki-laki )
    30 gram / hari ( untuk perempuan )
    Usia 16-18 tahun :
    37 gram/ hari ( untuk laki-laki )
    30 gram /hari ( untuk perempuan )

    Antioksidan, Sebagai Penangkal Penyakit

Selanjutnya yang dibutuhkan gizi yang dibutuhkan anak untuk membantu pertumbuhan anak yaitu antioksidan. Antioksidan yaitu zat gizi yang dapat membantu untuk menangka kerusakan sel dan juga jaringan didalam tubuh dan juga dapat memabntu untuk mencegah terjadinya radikal bebas pada seseorang yang dapat menyebabkan terjadinya penyakit degenerative. Contohnya adalah betakaroten, vitamin C, Vitamin E, likopen, dan juga selenium. Dalam proses pertumbuhan antioksidan ini bekerja untuk  mencegah anak agar tidak mengalami obesitas atau penyakit lainnya. karena ketika anak mengalami obesitas akan membuat hormone pertumbuhannya akan terganggu sehingga hal ini menghambat pertumbuhan pada anak.

    Zat Besi

Zat besi sangatlah dibutuhkan untuk membantu pertumbuhan anak, karena zat besi yang berada didalam tubuh 70 % berbentuk hemoglobin. Hemoglobin merupakan suatu zat yang memiliki fungsi untuk mendistribusikan makanan dan juga oksigen keseluruh tubuh. selain itu juga zat besi sangat diperlukan utnuk pwrtumbuhan anak karena jika anak mengalami kekurangan zat besi tinggi maka akan memiliki tinggi badan yang lebih pendek dibandingkan dengan anak yang cukup zat besi. Berikut ini beberapa kebutuhan zat besi yang dibutuhkan oleh anak sesuai dengan usianya :

    Usia 7-11 bulan : 7 mg/ hari
    Usia 1-3 tahun : 8 mg/ hari
    Usia 4-6 tahun : 9 mg/ hari
    Usia 7-9 tahun : 10 mg/ hari
    Usia 10-12 tahun :
    13 mg/ hari ( untuk laki-laki )
    20 mg/ hari ( untuk perempuan )
    Usia 13-15 tahun:
    19 mg/hari ( untuk laki-laki )
    26 mg/ hari ( untuk perempuan )
    Usia 16-18 tahun :
    15 mg/ hari ( untuk laki-laki )
    26 mg/ hari ( untuk perempuan )

Nah, itulah 6 jenis gizi anak yang diperlukan untuk pertumbuhan. Semoga bermanfaat!

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *