HEADLINE NEWS

Polisi Menggelar Razia Pekat, 2 Jerigen Tuak Suling Terjaring


Nias Selatan/Metropublik.com- Polisi kembali menggelar razia Penyakit Masyarakat (Pekat) di kawasan Lolowau, Kabupaten Nias Selatan. Razia dilakukan salah satunya untuk memberantas penyakit masyarakat. Polisi menyita minuman keras (miras) jenis tuak suling, sebanyak 2 jerigen ukuran 35 liter. 

"Operasi ini akan kami laksanakan terus dan kami konsen dengan pemberantasan terhadap penyakit masyarakat berupa miras, judi dan lain-lain," ujar Kapolsek Lolowau, Iptu A. Yunus Siregar, dalam keterangannya, Sabtu (5/5/2018).

Yunus mengatakan miras dianggap menjadi salah satu faktor penyebab terjadinya kericuhan dan mengakibatkan korban jiwa. Karena itu, operasi pemberantasan miras dilakukan untuk mendukung terciptanya keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Salah satu penyebab terjadinya kericuhan, juga merupakan dampak dari minuman keras. Mudah-mudahan dengan operasi penyakit masyarakat ini bisa mengurangi gangguan Kamtibmas yg sering terjadi selama ini," sambungnya.

Selain itu, razia miras ini pun sudah beberapa kali dilakukan, dalam rangka menyambut bulan suci ramadan. Dalam razia kali ini, pada jumat (4/5) lalu, di  jalan umum Desa Lolomoyo Kecamatan Lolowau, Nias selatan, Polisi mengamankan mobil L300 yang mengangkut 1 jerigen yang berisi cairan jenis minuman keras tuak suling (tuo nifaro).

"Kita mengamankan 1 jerigen isi 35 liter tuak suling bersama mobil L300. Supirnya bernama Agus Nduru juga kita amankan ke polsek lolowau untuk dimintai keterangan. Dia mengaku tuak suling tersebut dibawa nya dari Desa Soliga Kecamatan Uruna Kabupaten Nias Selatan, dan akan dijualnya ke Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan," Ujar yunus.

Sambung Yunus mengatakan, Sabtu (5/5) dinihari, Polisi menemukan 1 jerigen yang berisi minuman keras tuak suling di depan rumah warga, terletak di pinggir jalan Desa Hilijaria Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan. 

"Kita menemukan Jerigen isi 35 liter berisi tuak suling. diduga tuak itu ditinggalkan oleh pemilik nya di depan rumah milik Salamnka Giawa alias Ina Berta, karna melihat polisi sedang melaksanakan razia," ujarnya.

Yunus menambahkan Menjelang bulan puasa dan sesuai dengan atensi perintah Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu, untuk  menegakkan Perbup Nias Selatan Nomor : 04.20_33 Tahun 2017 tentang Larangan Minuman Beralkohol polisi semakin rutin menggelar operasi penyakit masyarakat.

"Kami mengimbau kepada masyarakat untuk bisa bekerjasama dengan kepolisian dalam menjalankan operasi Pekat ini. Masyarakat bisa memberikan informasi kepada pihak kepolisian. Untuk Tuak suling ini akan segera dimusnahkan," pungkas Yunus. (Aperius Gulo/Rizal.S.).

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *