Menu Close Menu

Pelaku Pencuri Spesialis Rumsong di Nisel Dibekuk Polisi

Kamis, 24 Mei 2018 | 03:13 WIB
Nias Selatan-Jajaran Polres Nias Selatan (Nisel) berhasil membekuk Seorang pencuri spesialis rumah kosong (Rumsong). Pelaku ini selalu beraksi di pagi hari menyasar rumah-rumah yang lampu terasnya menyala di pagi dan siang hari.

Tersangka yang diringkus adalah berinisial IFB (16) warga Desa Amandraya Kecamatan Amandraya Kabupaten Nias Selatan. Sebelum beraksi pelaku terlebih dulu mengintai rumah yang menjadi target. Rumah yang diincar adalah rumsong yang sedang ditinggal penghuninya. Pelaku mengetahuinya dengan melihat lampu teras yang menyala di pagi menjelang siang hari. Umumnya, warga yang meninggalkan rumah menyalakan lampu teras agar tak gelap di malam hari.

"Pelaku ini adalah pelaku pencurian sepesialis rumsong. Tersangka ini beraksi di pagi menjelang siang hari. Modus operandinya dengan melihat rumah yang lampu teras menyala pagi dan siang hari," kata Kapolres Nias Selatan AKBP Faisal F. Napitupulu di Mapolres Nias Selatan, Rabu (23/5/2018).

Pelaku ini dibekuk oleh warga yang menyaksikan tersangka keluar dari jendela rumah milik korban Ukiran Giawa alias Ina Ferman di Dusun I Desa Hilikara Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan, pada Sabtu (19/5/2018) Lalu.

Pelaku ini diketahui sudah sering beraksi di wilayah Kecamatan Lolowau Kabupaten Nias Selatan. Pelaku pernah melakukan aksi pencurian di 5 TKP lainya. Tersangka melakukan aksi pencurian dengan cara mencongkel jendela menggunakan pisau.

"Dari pengungkapan, paling sedikit kawanan ini punya 5 TKP. Pelaku mengambil sejumlah uang serta perhiasan emas," Ucap Faisal.

"Dari Pelaku diamankan barang bukti perhiasan berupa, kalung, anting-anting diambilnya dari dalam lemari serta uang dari dalam tas milik korban. Tersangka juga mengambil beberapa slok rokok dari dalam steling," Lanjut Faisal.

Akibat perbuatan nya, tersangka di jerat dengan Pasal 363 Ayat 1 (5) Junto Pasal 363 ayat 2 Subsider Pasal 362 KUHPidana, diancam hukuman penjara paling lama 9 tahun.

"Sekarang ini pelaku masih dilakukan pemeriksaan untuk mengetahui ada nya keterlibatan orang lain dalam pencurian tersebut, mengingat pelaku sudah beraksi sebanyak 5 kali," Pungkas Faisal. (Tim/Rizal).
Loading...

Komentar