HEADLINE NEWS

Simak Dengan Baik dan Jelas Penyebab Bau Mulut Saat Berpuasa

Jakarta - Berpuasa menjadi hal yang menyenangkan bagi orang yang menjalani. Menahan haus dan lapar menjadi tantangan bagi yang menjalankan. Dibalik tantangan saat berpuasa adapun masalah yang sering dialami masyarakat yaitu bau mulut. Bau mulut sangat mengganggu dan membuat kepercayaan diri seseorang menurun, namun tahukah Anda penyebab bau mulut? Berikut penyebab bau mulut diantaranya:
1.Malas sikat gigi

Sikat gigi menjadi hal yang wajib di lakukan setelah makan sahur, hal ini dikarenakan jika tidak sikat gigi masih ada sisa makanan di mulut dan di sela-sela gigi yang dapat menyebabkan bau mulut.

“Minimal untuk mengurangi bau mulut saat berpuasa yaitu sikat gigi setelah makan, dan minum air putih yang cukup saat sahur,”  ujar Dr. H Suherman Dokter Umum Klinik Rafa Jakarta.

2.Gigi berlubang

Dalam hal ini gigi berlubang menjadi penyebab bau  tidak sedap di mulut karena gigi yang berlubang menyimpan sisa makanan yang kemudian membusuk dan menyebabkan bau mulut seperti yang dilansir www.alodokter.com.

3.Xerostomia


Menurut sumber yang dilansir dari www.alodokter.com xerostomia yaitu mulut kering yang terjadi karena gangguan produksi air liur akibat bakteri menumpuk di rongga mulut yang menyebabkan bau mulut.

Bau mulut bukan hal yang asing lagi bagi masyarakat seperti yang terjadi pada Niki salah satu siswa SMA di Depok, “Saya pernah mengalami bau mulut, menurut saya itu sangat menggangu Saya memilih diam dan tidak bericara karena tidak percaya diri,”

Menurut saya bau mulut hal yang wajar terjadi saat berpuasa. Berdasarkan pengalaman saya saat berpuasa jika tidak sikat gigi setelah sahur akan menyebabkan bau mulut apalagi jika setelah sahur tidur maka akan terasa tidak enak di mulut dan terdapat sisa-sisa makanan.

Penulis : Dhe Areta Awani Tubarila
Mahasiswa Politeknik Negeri Jakarta

Previous
« Prev Post

Formulir Kontak

Nama

Email *

Pesan *