Menu Close Menu

Tiga Kawanan Perampok Modus Kempes Ban Dibekuk Polisi di Siantar

Sabtu, 12 Mei 2018 | 00:43 WIB

P.Siantar/Metropublik.com- Komplotan perampok dengan modus pecah ban di Siantar, dibekuk polisi. Mereka bekerja dalam satu tim mengakali para korbannya. Ada yang menjadi pemotor yang memberi tahu ban kempes, ada yang menjadi tukang bengkel, dan ada yang menjadi pemotor yang mencuri uang di mobil.

Seperti disampaikan Kasat Reskrim polres Siantar, AKP Hasoloan sinambela, Jumat (11/05/2018), 3 pelaku anggota modus kempes ban dibekuk. Para tersangka yang ditangkap diantaranya Heri Saputra (44) warga Jalan Waringin II, Kelurahan Padang Hilir, Kota Tebing Tinggi. Rudi Hermansyah Lubis (40), warga Jalan Badak Kampung Semut, Kota Tebing Tinggi dan Yusuf Harahap (43), warga jalan meranti No.05 Perumnas Baglen, Kota Tebing Tinggi.

Mereka diduga terlibat dalam sejumlah perampokan antara lain pelaku melakukan Percobaan Pencurian uang sebesar Rp 330 juta, di Jalan Melanthon Siregar, Kecamatan Siantar Marihat, tepatnya di depan Yayasan SMA Budi Mulia, Kota Siantar, Jumat (11/5) sekira pukul 11.00 WIB. Uang tersebut milik korban Johanes Sipayung (27), warga Huta Gunung, Desa Tangga Batu, Kecamatan Hatonduhan, Kabupaten Simalungun, yang baru di ambil dari bank Mestika dan Mandiri.

"Kejadiannya sekira pukul 11.00 WIB. Ketika itu korban bersama supir dari Bank, dengan mengendarai Mobil Mitsubishi Strada Triton BK 8274 TP hendak menuju pulang ke rumah. Lalu tersangka mengikuti korban, saat melintasi dari Jalan Malanton Siregar, tersangka yang berboncengan mengendarai sepeda motor Yamaha Vixion warna merah, memberitahukan korban kalau ban mobilnya kempes. Korban bersama dengan supir lalu mengganti ban dibantu satu orang bengkel. Dua Tersangka mengendarai sepeda motor dengan di ikuti satu orang tersangka yang mengemudikan mobil Suzuki ERTIGA warna abu-abu Metalic, mendekati mobil korban. Namun tidak sempat membuka pintu mobil, Aksi tersangka itu dilihat oleh Budi, pemilik bengkel. Para tersangka pun langsung kabur, ke arah kota siantar," kata AKP Hasoloan sinambela ke Metropublik.com, Jumat (11/5).

Para tersangka diringkus Unit Jahtanras Sat Reskrim Polres Siantar di Jalan Merdeka depan Bank BCA Kota Siantar, Jumat (11/5/2018) Sare tadi, sekitar pukul 16.30 WIB. 

Ketiga tersangka dan barang bukti 1 unit Mobil Suzuki ERTIGA warna abu-abu Metalic, BK 1231 FH, 1 buah Ban Mobil milik korban, 2 buah besi yang dibentuk menyerupai paku yang ujungnya runcing, 4 buah Kunci L yang terbuat dari Besi, 1 buah kunci T yang terbuat dari besi, diserahkan ke Polres Pematangsiantar untuk pengembangan.

Sementara itu menurut Hasoloan juga mengatakan para tersangka ini memang melakukan modus yang sama dengan pelaku pencuri uang di wilayah simpang dua, yang terjadi 12 Februari lalu. Namun, pengakuan tersangka belum mengarah kesana, dan baru pertama kali ini mereka hendak melakukan pencurian modus kempes ban di wilayah Siantar.

"Modusnya memang mirip, kempes ban dan pelaku menggunakan sepeda motor dan Mobil. Namun, pengakuan para tersangka belum mengarah kesana. Untuk itu kita masih melakukan pengembangan, kemungkinan ada tersangka lain," Tandas Hasoloan. (Rizal Siregar).



Loading...

Komentar