Menu Close Menu

Waspada! Ini Tanda Gejala Bila Hati Kamu Penuh Dengan Racun

Minggu, 24 Juni 2018 | 14:21 WIB
KESEHATAN - Hati merupakan salah satu organ yang memiliki peran untuk menyingkirkan racun yang masuk ke dalam tubuh. Untuk itu kamu perlu menjaga dan memerhatikan kesehatan hati karena sudah bekerja keras di dalam tubuh.

Berdasarkan data Bright Side, terdapat 6 gejala dan tanda peringatan kesehatan hati kamu penuh dengan racun. Apa saja itu? Berikut ulasannya:

1.    Nyeri di Daerah Hati

Hati berperan dalam membantu tubuh untuk untuk mencerna makanan dan mendetoksifikasi atau menyaring racun di dalam tubuh. Jika hati mengalami masalah, tentunya akan berdampak langsung terhadap kinerja hati yang tidak efisien dan membuat hati meradang. Salah satu gejala masalah hati yang sering terjadi adalah adanya rasa nyeri di bagian kanan atas perut. Jika kamu merasakan rasa nyeri yang cukup intens di bagian tersebut, segera periksa ke dokter untuk memastikan kondisi kesehatan.

2.    Kaki dan Pergelangan Kaki Bengkak

Kaki dan pergelangan kaki yang bengkak perlu diwaspadai. Jika kamu biarkan tanpa perawatan yang baik, jaringan bekas luka (jaringan perut) akan digunakan oleh kaki untuk memperbaiki jaringan yang bengkak. Hal ini sangat berbahaya karena semakin banyak jaringan parut yang digunakan, semakin sulit hati untuk bekerja. Kerusakan hati atau komplikasi sirosis yang terjadi menyebabkan tekanan darah tinggi vena porta ( hipertensi portal ).

3.    Berat Badan Mendadak Naik

Berat badan yang mendadak naik tiba-tiba harus kamu perhatikan, jika kejadian tersebut tidak disebabkan karena makan berlebihan atau kerusakan hormon tentu sangat berbahaya khususnya bagi kesehatan hati. Hati yang tidak dapat menyingkirkan racun akan memengaruhi kenaikan berat badan secara tiba-tiba. Hal ini cukup beralasan, karena racun yang masuk ke dalam sel lemak otomatis tanpa disaring yang berakibat berat badan naik.

4.    Alergi

Hati yang bekerja lambat dan bermasalah akan berdampak terhadap banyaknya zat yang memasuki aliran darah. Jika terlalu banyak zat, otak akan mendeteksi sebagai alergen yang melepaskan bahan kimia (histamin) dan antibodi. Hal itulah yang menyebabkan ruam gatal atau alergi.
Sebaliknya, jika kondisi kesehatan hati yang baik akan menyingkirkan zat berbahaya dan menghilangkan efek alergen pada tubuh.

5.    Kulit dan Mata Kuning

Hati yang gagal menyingkirkan bilirubin karena mengalami gangguan fungsi akan berdampak terhadap menumpuknya bilirubin ( pigmen kuning ). Bilirubin dibentuk dari pemecahan sel darah merah yang mati di hati. Jika terus dibiarkan menumpuk, maka kamu akan menderita sakit kuning (ikterus).

6.    Kelelahan Kronis

Kelelahan kronis juga bisa menandakan jika hati kamu penuh racun. Hal ini karena energi (glukosa) di dalam tubuh dipasok oleh hati terganggu dan tergantikan oleh glikogen. Untuk menjaga hati tetap sehat, disarankan mengonsumi sayuran organik, kunyit, teh hijau dan air lemon.(Red)

Komentar