Menu Close Menu

Daria Perdana Tubagus Terdakwa Pencemaran Nama Baik Lewat Facebook Jalani Sidang Perdana

Selasa, 14 Agustus 2018 | 22:49 WIB
P.Siantar- Kasus penghinaan dan pencemaran nama baik yang dilakukan Daria perdana kesuma tubagus (33) di media sosial Facebook terhadap Dewi Darwiana memasuki sidang perdana di PN Kota Siantar. Terdakwa Daria perdana kesuma tubagus (33) warga jalan Cendrawasih, Desa Citaman jernih, Kecamatan Perbaungan, Kabupaten Serdang Bedagai, duduk di kursi pesakitan.

Sidang ini berlangsung di Pengadilan Negeri (PN) Siantar, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Proklamasi, Kecamatan Siantar Barat, Selasa (14/8/2018). Dalam sidang perdana ini, Jaksa Penuntut Umum (JPU) Siti Manulang dalam dakwaanya menyebutkan terdakwa dengan sengaja menyebar kebencian berbau SARA melalui medsosnya.

Di dakwaan jaksa disebutkan, terdakwa pada 19 Desember 2017 memposting di Facebook dengan user name Van mooklee. Postingannya memuat gambar Keluarga Dewi Darwiana dengan kalimat ujaran kebencian.

Salah satu postinganya tertulis di akun facebook milik terdakwa"Dewi darwiana SH (jaksa dewi) si germo  penghokap warisan yg menghalalkan segala cara," tulis Daria.

Ini belum lagi kalimat yang sangat tidak sopan dalam media sosial tersebut.

"Postingan terdakwa jelas mengundang unsur ujaran kebencian dan penghinaan terhadap Dewi darwiana," kata JPU.

Tak cuma itu saja, terdakwa dalam postinganya tidak menggunakan akun nama Van Mooklee, terdakwa juga menggunakan nama akun Jungsiuri dan Irvan ahanjung. Postingan itu dilakukan terdakwa dengan tiga nama akun tersebut.

Atas perbuatan itu terdakwa dijerat pasal 27 ayat (3) UU No 11 Tahun 2008 tetang ITE. ancaman hukuman 6 tahun penjara denda  Rp 1 miliar.

Dalam sidang ini dipimpin Ketua majelis hakim Rosihan juria rangkuti. Majelis meminta, pada sidang Selasa (21/8) untuk melakukan pembuktian."Juga jaksa kami minta untuk menghadirkan saksi-saki," kata Rosihan juria rangkuti. (Rizal Siregar).
Loading...

Komentar