Menu Close Menu

Polisi Bekuk Komplotan Spesialis Pencuri Mobil Pik Up L300

Kamis, 02 Agustus 2018 | 13:10 WIB
P.SIANTAR - Komplotan spesialis pencuri mobil di wilayah Siantar berhasil diringkus tim Gabungan Polresta Siantar dan Polres Simalungun. Mobil hasil curian dipreteli onderdilnya lantas dijual.

Demikian disampaikan, Kanit Jhatanras Polres Siantar, Iptu Yuken Saragih kepada metropublik, Selasa (1/8/2018). Yuken menjelaskan dalam kasus ini pihaknya menetapkan 4 orang sebagai tersangka. Mereka adalah Jimi, Deri Lubis, Sugondo alias Gondo (30) dan Jhon Edward Simbolon (39) warga Paket M, Desa Lubuk, Kecamatan Balai Jaya, kabupaten Rokan Hilir, Riau. Keempatnya berkolaborasi dari eksekutor lapangan hingga penampung hasil curian.

"Barang bukti yang berhasil kita amankan ada 3 unit mobil jenis bak terbuka, 1 dengan kondisi onderdilnya sudah terpisah-pisah, yang diamankan dari polsek Parapat. 2 unit diamankan dari polsek Perdagangan, 1 unit masih utuh," kata Yuken.

Yuken mengatakan, pencurian mobil ini merupakan sindikat antar provinsi. Pihaknya sudah menetapkan beberapa orang dalam jaringan ini status buron.

"Jaringan lainnya masih kita buru. Mereka sindikat dengan sasaran utama jenis mobil bak terbuka. Peran mereka dari eksekutor lapangan hingga peran bengkel mobil yang akan memisahkan onderdilnya," kata Yuken.

Yuken menyebutkan, terbongkarnya kasus ini berawal dari Salah seorang Warga Jalan Patimura, Kelurahan pahlawan, Kecamatan Siantar Timur, Kota Siantar, melaporkan jika mobil Mitsubishi L300 miliknya hilang. Dari laporan itu kemudian personil berhasil meringkus Dua tersangka bernama Jimi dan Deri Lubis.

Pada Senin (30/7/2018) Siang lalu, Personil jatanras polres siantar dan Polres simalungun Melakukan pengembangan. Hasilnya, Personil berhasil meringkus satu orang pemilik bengkel, Sebagai penadahnya dan diduga selalu menjual mobil hasil curian, Seorang itu bernama Sugondo, warga Jalan Lintas Riau-Sumut Km 7, Desa Gelora, Kecamatan Bagan Sinembah, kabupaten Rokan Hilir, Riau.

"Satu orang dari pemilik bengkel lantas kita amankan. Dari sana dikembangkan sehingga menangkap seorang bernama Jhon Edward Simbolon. Ia menjadi penadah mobil Mitsubishi L300 dengan Plat palsu BK 8560 AA hasil curian dari Wilayah Polres Pematang Siantar, yang dibelinya dari tersangka Sugondo," kata Yuken.

Hasil curian ini, lanjut Yuken, selalu mereka jual ke wilayah perkebunan kelapa sawit. Malah, pengakuan para tersangka, mereka sudah belasan kali melakukan aksi pencurian mobil dengan bak terbuka.

"Peran pemilik bengkel selain menjual rangkaian mesin, juga mengganti nomor mesin dan rangka mobil. Kita masih memburu pelaku lainnya, semoga dalam waktu dekat jaringan mereka bisa terbongkar lagi," tutup Yuken. (Rizal Siregar).
Loading...

Komentar