Menu Close Menu

DR. Surono Ingatkan Masyarakat Tidak Beraktivitas di Hilir Daerah Aliran Sungai Laborus Gunung Sinabung

Selasa, 02 Oktober 2018 | 13:27 WIB
TANAH KARO -  Pengamat Gunung Api Sinabung (APGAS), DR. Surono, mengingatkan Masyarakat dan pengunjung/wisatawan tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km, sektor Utara-Barat, 4 km, sektor Selatan-Barat, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor tenggara-timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur G. Sinabung.

"Masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di G. Sinabung agar tetap waspada terhadap potensi bahaya lahar,"Tulisnya

Hal ini disampaikan melalui akun resmi Facebook miliknya, Kata DR. Surono, Mengingat telah terbentuk bendungan di hulu Sungai Laborus maka penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sekitar hilir daerah aliran sungai Laborus agar tetap menjaga kewaspadaan,  karena bendungan ini sewaktu-waktu dapat jebol karena tidak kuat menahan volume air sehingga mengakibatkan lahar/banjir bandang ke hilir.

Lebih lanjut disarankannya, yang ditujukan kepada BPBD Kabupaten Karo,  segera melakukan sosialisasi ancaman bencana lahar/banjir bandang ini ke penduduk yang bermukim dan beraktivitas di sepanjang hilir dan sekitar Sungai Laborus.

Menurut data Kementerian ESDM, Badan Geologi, PVMBG. tulis Mbah Rono, yakni:

1. Awas G. Sinabung, Tgl. 01 - 10 - 2018, Pkl. 12:00 - 18:00 WIB.
VISUAL :
Cuaca mendung - hujan, angin bertiup lemah - sedang kearah Timur - Tenggara, G. Sinabung tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati.
KEGEMPAAN :
1 x Terekam Getaran Banjir/Lahar Hujan, durasi 3139 detik

2. Awas G. Sinabung, Tgl. 01 - 10 - 2018, Pkl. 18:00 - 24:00 WIB.
VISUAL :
Cuaca berawan - mendung, angin bertiup lemah kearah Timur - Tenggara, G. Sinabung tertutup kabut. Asap kawah tidak teramati.
KEGEMPAAN : 1 x Gempa Hembusan dan 1 x Gempa Low Frekuensi.

KESIMPULAN :
Tingkat Aktivitas G. Sinabung Level IV (Awas) (Dasa)

Loading...

Komentar