Menu Close Menu

Kasus Pencemaran Nama Baik, Daria Perdana Kesuma Tubagus Dituntut 2 Tahun Penjara

Selasa, 16 Oktober 2018 | 17:39 WIB
Terdakwa duduk terdiam
P.Siantar- Daria Perdana Kesuma Tubagus yang menjadi terdakwa kasus pencemaran nama baik Mantan Jaksa Ibu Dewi Darwiana dinyatakan bersalah oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejaksaan Negeri Siantar. Ia dituntut pidana 2 tahun subsider 3 bulan penjara dengan denda Rp. 10 juta.

"Menyatakan terdakwa Daria Perdana Kesuma Tubagus secara sah dan melakukan tindak pidana Informasi Transaksi Electronik (ITE) sebagaimana dakwaan pertama," kata JPU, Siti Martiti Manulang dalam sidang tuntutan di PN Kota Siantar, Selasa (16/10/2018).

Jaksa membuktikan terdakwa terbukti melanggar pasal 45 ayat (3) UU No. 19 tahun 2016 tentang ITE. Menurutnya terdakwa telah menyerang kehormatan ibu Dewi Darwiana sehingga merugikan.

"Terdakwa tidak melakukan investigasi di lapangan namun mengeluarkan pernyataan yang seolah benar adanya, dari terdakwa tidak ditemukan fakta untuk dijadikan sebagai pemaaf untuk mempertanggung jawabkan perbuatan nya," pungkas JPU.

Dalam sidang yang dipimpin oleh Hakim Ketua Rosihan Juriah Rangkuti, Daria menyatakan keberatan atas tuntutan jaksa. Menurut Daria beberapa fakta hukum yang disampaikan jaksa tidak sesuai dengan yang ada dalam persidangan.

"Keberatan. Saya minta Pembelaan Secara tertulis," tegas nya.

Hakim Ketua Rosihan Juriah Rangkuti, mengetuk palu sambil mengatakan "Sidang digelar Selasa depan (23/10/2018) dengan agenda peledoi," pungkas Hakim Ketua.

Loading...

Komentar