Menu Close Menu

Nikmatnya Gulai Asam Ikan Baung Khas Labuhanbatu

Selasa, 23 Oktober 2018 | 09:06 WIB
Gulai Asam Ikan Baung Khas Labuhanbatu.
Labuhanbatu | metropublik.com - Kabupaten Labuhanbatu memiliki bermacam - macam khas Kuliner, salah satu di antaranya Gulai Asam Ikan Baung. Gulai asam ikan baung adalah masakan khas daerah Labuhanbatu umumnya. Melihat namanya mudah ditebak, masakan khas ini berasal dari ikan, yakni ikan baung sebagai bahan utamanya.

Jika berkunjung ke Labuhanbatu rasanya tidak lengkap tanpa mencicipi masakan khas ini. Masakan ini biasanya disajikan sebagai lauk makan nasi, dan umumnya dibuat untuk menu makanan pada siang hari. Entah kenapa siang harilah terasa lebih lezat menikmati gulai asam ikan baung.

Cara membuat masakan ini menggunakan bumbu-bumbu alami. Selain ikan baung, bumbu rempah yang dipakai adalah bawang merah, bawang putih, kunyit beserta daunnya, lenbgkuas, daun serai wangi, cabe merah, tomat, kemiri, daun jeruk perut, dan garam kasar.

Beberapa bumbu-bumbu tersebut digiling halus , seterusnya direbus dengan air sebagai kuah gulai asam ikan baung nantinya. Lalu dimasukkan  beberapa rempah lainnya yakni lengkuas yang telah dipukul-pukul, daun kunyit, daun jeruk perut dan asam potong. Setelah mendidih kemudian ikan baung yang telah dipotong beberapa bagian sesuai selera dimasukkan dan ditunggu hingga matang. Dan setelah matang siap untuk dihidangkan.

Rasanya sungguh lezat" Memang masakan gulai asam ikan baung menjadi bagian dari kebiasaan masyarakat Labuhanbatu. Hampir semua ibu-ibu di daerah ini dapat membuatnya. Bahkan sejumlah rumah makan sering menyediakan masakan ini sebagai menu istimewanya. Harga seporsi nasi dengan lauk gulai asam ikan baung dengan potongan ikan relatif kecil mencapai 25 hingga 40 ribu rupiah.

Meski belakangan harga ikan baung kian melambung, namun kelezatannya tak mengurangi orang untuk memakannya. Namanya juga makanan dan rasa, kalau sudah selera dan lezat, orang tak akan peduli dengan harganya. Yang penting memanjakan lidah,,lezat.!!! (Erni)
Loading...

Komentar