Menu Close Menu

Bank Indonesia Ajak Masyarakat Gunakan ATM Berlogo GPN

Jumat, 16 November 2018 | 13:00 WIB
Parapat - Bank Indonesia Kantor Perwakilan Sumatera Utara mengajak masyarakat sesegera mungkin mengganti Kartu ATM dengan menggunakan logo Gerbang Pembayaran Nasional (GPN).

Hal tersebut di sampaikan oleh Analis Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Sumatera Utara (Sumut) Yudha Wasty Prawira dalam materi pelatihan wartawan Ekonomi yang dilaksanakan di Inna Parapat Hotel dan Resort,Kamis (15/11/2018).

"Dengan menggunakan ATM berlogo GPN tersebut banyak manfaat bagi masyarakat. Jadi,jangan sungkan untuk menggantinya secepatnya,"Ujar Yudha.

Dikatakan Yudha,Bank Indonesia fokus mengkampanyekan kartu ATM/debit berlogo GPN dan menganjurkan masyarakat untuk mendorong pemakaian kartu ATM/debit yang ada logo GPN nya.

Dengan menggunakan ATM berlogo GPN ada lima manfaat yang didapatkan masyarakat. Pertama, mengunakan kartu ATM/Debet berlogo GPN untuk melakukan transaksi di semua kanal pembayaran di seluruh Indonesia.

Kedua, masyarakat dapat bertransaksi dengan aman dan nyaman karena kartu ATM/Debet GPN sudah dilengkapi fitur keamanan yang terstandarisasi serta seluruh proses dilakukan di dalam negeri melalui jaringan domestik.

Sedangkan manfaat ketiga, masyarakat tidak dikenakan biaya oleh merchant dikarenakan penetapan Merchant Discount Rate (MDR).

Keempat, tidak perlu membawa uang tunai dalam jumlah besar karena seluruh kanal pembayaran sudah saling terkoneksi (interkoneksi) dan saling dapat diwujudkan (interoperabilitas).

Dan untuk yang kelima biaya administrasi yang lebih murah karena seluruh Proses dilakukan di domestik sehingga lebih efisien.

“Jadi kalau kita pakai ATM/debit berlogo GPN ini, masyarakat dapat lima manfaat tersebut,”.Lanjutnya, penggunaan kartu ATM/debit berlogo GPN tersebut masyarakat juga dapat ikut berpartisipasi untuk menyelamatkan Rp.15 Triliyun pendapatan Negara.

"Bagi Nasabah baru di perlukan kartu ATM/debit berlogo GPN ini akan diinformasikan dan diberikan oleh pihak bank.Kita juga menyarankan yang memiliki ATM yang tidak berlogo GPN agar segera mendatangi Kantor Bank terdekat untuk menukarnya,"Pungkasnya.(Rendy)

Loading...

Komentar