Menu Close Menu

Dipergoki Mencuri di Rumah Kosong, 1 Pelaku Babak Belur Dipukuli Warga

Kamis, 15 November 2018 | 10:54 WIB
P.Siantar -  Dua pencuri rumah kosong beraksi di Siantar Timur, Pematangsiantar. Kedua Pelaku dipergoki oleh tetangga korban dan akhirnya dibekuk warga. Satu diantaranya babak belur karena dihajar massa.

Aksi kriminal itu terjadi pada Selasa (13/11), malam lalu, ketika rumah milik Nikapken Tarigan (73), Pensiunan PNS, di jalan Pane No.30, Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur, sedang dalam kosong. Tetangga korban Koster Pakpahan (43) awalnya melihat pintu belakang rumah Nikapken terbuka. Koster terkejut melihat barang-barang di dalam rumah nikapken sudah berserakan.

Dari situ Koster juga melihat dua tabung Gas Elpiji ukuran 12 Kg, berada di luar dekat pagar belakang perkarangan rumah korban. Koster kemudian membiarkan tabung gas tetap berada di situ dan menyuruh anak nya bernama zamzam Azhari Pakpahan untuk mengintai untuk mengetahui siapa pelaku pembongkaran rumah tersebut.

Berlanjut, Sekitar pukul 19.30 WIB, zamzam melihat ada dua orang pria mengambil tabung gas 12 Kg itu, zamzam langsung memergoki kedua pelaku sembari berteriak maling...maling...maling..
Melihat warga ramai karna mendengar teriakan itu, kedua pelakupun langsung lari kocar kacir. Namun satu orang pelaku berhasil ditangkapb warga bernama Ricardo Barasa (23) warga jalan Melanto Siregar Gang Cemara, Kecamatan Siantar Marihat, babak belur mendapat hantaman dan menjadi bulan-bulanan warga. Sementara satu orang pelaku lainnya, Paulus Rajagukguk (20) berhasil melarikan diri.

"Rumah itu milik pak Nikapken Tarigan, dia pensiunan PNS. Pencuri itu masuk dari pintu belakang, saya lihat pintu itu dirusak dengan cara dicongkel. Dua orang pelakunya, mereka menggasak barang-barang Kipas Angin, Gerenda, Mesin Bor, dua buah Strika, Reciver dan dua tabung Gas Elpiji ukuran 12 Kg ditemukan di belakang pagar rumah. Sengaja membiarkan tabung gas 12 kg itu tetap berada di pagar rumah. Saya suruh anak saya mengintai. Malam hari sekitar pukul 19.30 WIB, anak saya melihat dua laki-laki masuk ke dalam perkarangan mengambil tabung gas itu. Dua pencuri itu kaget mendengar teriakan anak saya, maling...maling. Pada saat bersamaan, warga mengepung. Setelah satu pelaku ditangkap, pelaku jadi bulan-bulanan warga," kata koster warga setempat, kepada metropublik.com. Rabu (14/11/2018).

Aksi warga dihentikan polisi. Namun pelaku terlanjur babak belur. Rekan pelaku yang melarikan diri, Paulus Rajagukguk akhirnya berhasil diringkus dari rumah orang tuanya di jalan Narumonda Bawah No.13, Kelurahan Kebun Sayur, Kecamatan Siantar Timur Kota Pematangsiantar.

Dua pelaku, satu yang babak belur bersama barang bukti digiring ke Polsek Siantar Timur.

"Ini udah yang kedua kalinya. Kali ini aksinya berhasil digagalkan," ujar zamzam, tetangga korban.

Kapolsek Siantar Timur
Iptu R.Samosir membenarkan penangkapan dua kawanan maling ini. "Satu pelaku sudah babak belur saat diserahkan ke polisi. Satu kawannya melarikan diri," tegas S.Samosir.

Kedua pelaku bersama barang bukti, Kipas Angin, Gerenda, Mesin Bor, dua buah Strika dan Reciver, dua buah Tabung Gas Elpiji ukuran 12 Kg diamankan di Polsek Siantar Timur.

"Kerugian ditaksir mencapai Rp 5 juta," pungkas Kapolsek Siantar Timur Iptu S.Samosir. (Rizal Siregar).

Loading...

Komentar