Menu Close Menu

Pemecatan Staf Non PNS Panwaslucam Sitoluori Berdampak Negatif Pada Pemilu Legislatif dan Pilpres 2019

Sabtu, 03 November 2018 | 19:02 WIB
Nias Utara | Metropublik.com - Dua orang Anggota staf non Pegawai Negeri Sipil (PNS) rekrutan ketua Panitia Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sitoluori, Kabupaten Nias Utara dipecat. 2 anggota staf non PNS yang dipecat yakni Amoni zega dan Zefi putra zega.

Ketua panitia Pemilihan Umum (Panwaslu) Kecamatan Sitoluori, Desman zendato merekrut anggota staf non PNS tidak mengindahkan surat dari sekretariat bawaslu kabupaten nias utara tentang perekrutan anggota staf non PNS dan tanpa mempertimbangkan surat dari sekretariat bawaslu provinsi sumatera utara.

Anggota Komisioner Panwaslu, Kecamatan Sitoluori, Marieli hulu menjelaskan, Untuk perekrutan staf non pns di sekretariat panwaslucam sitoluori itu belum ada perekrutan nama-nama staf yang baru.

"Kami telah mengusulkan kembali nama-nama anggota staf non PNS sebanyak 4 orang. Keempat anggota yang di usulakan yang telah bekerja sejak pilgubsu hingga sekarang ini," tegas Marieli ke metropublik.com di kantor sekretariat panwaslucam sitoluori, Sabtu (03/11/2018).

Di tempat terpisah anggota staf non Pns Amoni zega dan Zefi putra zega yang diberhentikan secara tiba-tiba itu merasa keberatan.

"Kami kecewa dan merasa dirugikan kepada ketua panwaslu Desman Zendato karena sewenang-wenang melakukan perekrutan kami dan kami tidak mengetahui atas pemberhentian kami," Ucap Amoni dan Zefi.

Lanjut Kedua nya menjelaskan kalau mereka tidak pernah lalai melaksanakan tugas dan selalu aktif melaksanakan tahapan pemilu 2019.

"kami tetap melaksanakan tugas hingga oktober dan belum menerima honor sejak bulan september sementara kami tidak pernah lalai melaksanakan tugas, dan kami akan mempertanyakan kepada kepala sekretariat bawaslu kecamatan tentang pemberhentian kami," Sambung kedua nya.

Sementara Kepala sekretariat bawaslu kabupaten menyarankan agar lebih jelas bertanya kepada ketua panwaslu kecamatan sitoluori.

"Kepala bawaslu menyuruh kami untuk menanyakan pemecatan kami ke Panwaslu kecamatan. Kami coba hubungi melalui HP, ketua panwaslucam ternyata tidak menjawab panggilan kami," imbuh mereka dengan kesal.

Kepala sekretariat bawaslu kabupaten nias utara, Cardan Syarif Nazara saat di hubungi melalui via Hp terkait penerimaan anggota staf non pns di panwaslu kecamatan sitoluori, membantah tidak ada untuk perekrutan anggota staf non pns di sekretariat panwaslu se-kabupaten nias utara.

"Kami dari sekretariat bawaslu kabupaten nias utara, telah menyurati setiap ketua panwaslu di kabupaten nias utara, untuk memberdayakan anggota staf non pns yang telah bekerja selama ini, bukannya merekrut kembali anggota baru. Sesuai bunyi surat dari sekretariat bawaslu provinsi sumatera utara yang diterbitkan (24/8/2018) lalu, Proses pengawasan pemilu Anggota DPR DPD DPRD Serta pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019 sedang berjalan diminta untuk memberdayakan staf non pns yang ada. Untuk menjalankan tugas-tugas pengawasan pemilu legislatif dan pemilu presiden dan wakil presiden tahun 2019. Untuk saat ini belum dapat di lakukan rekrutmen ulang tenaga non pns di lingkungan bawaslu sekabupaten se- Provinsi sumatera utara," Tegas Cardan. (Nz)

Loading...

Komentar