Menu Close Menu

Proyek Senilai 14 Miliar Lebih dari APBN di Perbatasan Karo-Dairi Longsor

Kamis, 01 November 2018 | 20:22 WIB
Proyek Miliaran Rupiah  Longsor.
Tanah Karo | Metropublik.com - Proyek miliaran rupiah, yang serap dari APBN yang diperuntukkan pengerjaan pengikisan tebing jalan nasional batas Kabupaten Karo-Kabupaten Dairi, longsor. Sejumlah 4 titik pemasangan bronjong relatif panjang dan dalam sekitar km 103 wilayah “pintu angin”. belum lama ini total ambruk ke jurang. Tenda darurat tempat pos penjagaan warga setempat kembali berdiri di sisi badan jalan mengatur buka-tutup jalan. Demikian pantauan wartawan, Kamis  (1 /11 /2018).

Informasi diperoleh wartawan  di lokasi menyebut, bronjong yang dipasang di beberapa lokasi melalui proyek APBN 2017 sebesar Rp14,17 miliar ditangani Satker Wilayah I, Balai Besar Perawatan Jalan Nasional (BBPJN) belum lama ini longsor. Bronjong lainnya yang tidak ikut longsor tampak retak-retak juga terancam longsor.

“Karena itu kami membuat posko di lokasi ini agar di badan jalan yang terdapat bronjong arah ke jurang tidak dilalui kenderaan yang bisa berakibat fatal. Truk atau kenderaan yang akan melintas di atas pinggir badan jalan yang retak akan sangat memungkinkan amblas dan longsor berikut bronjong ke dasar jurang,” jelas warga di posko penjagaan.

Amatan wartawan  bahwa, bronjong yang longsor ke jurang ikut berserakan bersama seluruh batu dan jaring kawat yang semula menahan batu ke dasar jurang. Tebing jalan yang ditinggal bronjong akibat longsor cukup rawan bagi setiap kenderaan yang lintas. Apalagi waktu hujan dan dimalam hari. Sebelum ada korban jiwa dan kerugian material lainnya, diharapkan warga pihak Satker Wilayah I dapat menanggulangi secara darurat agar korban jiwa tidak terjadi. (Dasa)

Loading...

Komentar